Senin, 24 Oktober 2011

Dirjen Pertanian Kunjungi Kelompok Tani Makmur santosa


Pasuruan-Dirjen Pertanian bersama Dinas Pertanian Propinsi Sekaligus Dinas pertanian Kabupaeten, camat sekaligus pihak  muspika setempat bersama Rombongan tiba di lokasi Perkebunan Mangga Gadung Klonal 21  di dsn Rokunci Desa Oro oro Ombo Wetan kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan, Kamis siang kemarin.
Dalam kunjungannya, Dirjen Pertanian beserta rombongan disambut dengan ramah tamah oleh kelompok tani yang tergabung dalam Gapoktan Makmur Santosa, sekaligus langsung dipersihlakan Santoso yang mewakili masyarakat untuk  mencoba mangga klonal 21 yang sudah dipersiapkan sejak tadi pagi.
Setelah semua sudah merasakan mangga yang benar benar asli hasil dari perkebunan di wilayah Rembang, acara langsung di teruskan dengan tanya jawab oleh petani dengan pihak Dirjen Pertanian,Dinas Pertanian Propinsi,Dinas Kabupaten
Untuk tanaman mangga yang akan dilombakan ketingkat nasional yakni mangga Gadung Klonal 21 yang berada di kecamatan Rembang. Sedangkan mangga yang baik di Pasuruan ada di tiga kecamatan yakni Kecamatan Rembang, Sukorejo dan Wonorejo.
Kebun rakyat mulai di tanam pada tahun 1994 yang diprakarsai oleh Santosa (60) dusun Beran Desa Oro oro Ombo Wetan Kecamatan Rembang binaan dari Dinas Pertanian KabupatenPasuruan yang berhasil dilombakan mulai tingkat Kabupaten sampai ketingkat nasional, ia berterima kasih kepada Pemkab Pasuruan kerena dengan suksesnya acara kemarin masyarakat bisa merasakan hasil buah mangga yang berkualitas. 
Menurut Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Ir. Ikhwan M, Si mengatakan lahan perkebunan mangga yang berada di gapoktan Makmur Santosa memiliki lahan +   463 ha untuk satu kelompok. Mangga Gadung klonal 21 ini stu satunya mangga yang akan diikut lombakan di tingkat nasional, karena memiliki kadar tepung yang tinggi dengan kadar serat yang rendah. Sehingga Kabupaten Pasuruan di survey oleh Dirjen Pertanian untuk membuktikan bahwa mangga Pasuruan layak ikut dilombakan.
Ditempat yang sama Camat Rembang Drs. H. Wardoyo M,Si mengucapkan rasa hormatnya kepada Dirjen yang sudi datang ke wilayahnya untuk mempromosikan hasil mangga di Kabupaten Pasuruan ke ibukota yang merupakan mangga klonal 21 adalah mangga terbaik.
Hal senada juga dikatakan oleh Ketua Gapoktan ( Gabungan Kelompok Tani ) Makmur Sentosa Slamet Yaqup, berharap pemerintah Kabupaten propinsi dan pusat bisa untuk memfasilitasi kondisi jalan yang saat ini  rusak agar bisa di gunanakan saat musim hujan datang. Sehingga masyarakat sewaktu panen mudah melakukan kegiatan aktifitasnya sehari hari. Selain itu juga, masyarakat membutuhkan sumur bor untuk mengairi dan merawat pohon mangga. Terangnya.
Disamping itu, dua Kepala Desa Oro oro Ombo Wetan Sholeh dan Kepala Desa Oro oro Ombo Kulon Hariono menegaskan dan mendukung dengan datangnya Dirjen Pertanian bisa membantu masyarakat untuk mengorbitkan mangga Pasuruan ketingkat Nasional. (BAD).

Camat Rembang, kadis pertanian, dan dirjen pertanian saat makan mangga










Dirjen saat memetik buah mangga gadung klonal 21










Ketua Gapoktan, Sekretaris dan Santoso









Kades Oro Oro Ombo Kulon dan Oro Oro Ombo Wetan
 








Ketua Gapoktan Tenganah dan Kadis Pertanian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar