Selasa, 25 Oktober 2011

SMP Al Hidayah Tempat Anak Kurang Mampu Merajut Cita-Cita

Unsur pendidikan dalam masa saat ini sangat di tuntut untuk lebih maju dalam menghadapi era globalisasi yang semakin berkembang. Sudah bukan rahasia lagi jika kemajuan sebuah kabupaten sangat dipengaruhi oleh tingkat kualitas SDM-SDM di dalam kabupaten tersebut selain SDA yang memadai. Hal ini bisa terlihat dan dibuktikan di daerah kabupaten bangkalan yang dipimpin oleh RKH. RA. Fuad Amien, di bawah kendali beliau kabupaten bangkalan dibawa menuju arah yang lebih baik begitu juga aspek pendidikan.

Ketika kami mengunjungi desa serabi timur kami melihat begitu pentingnya pendidikan di desa tersebut. Ketika kami berhasil menemui haji Akhmad Jumadi orang nomor 1 serabi timur. beliau menjelaskan bahwa didesa yang beliau pimpin sekarang pendidikan sudah begitu maju dan merata. Bahkan beliau juga mengatakan dalam rangka mensukseskan program wajib belajar 9 tahun haji Akhmad Jumadi bersama dengan tokoh masyarakat berhasil untuk membangun SMP Al Hidayah pada tahun 2003. Yang membuat SMP ini berbeda daripada yang lain adalah di SMP Al Hidayah para siswa di bebaskan dalam pembayaran uang sekloah, seragam sekolah, dan segala biaya operasional lainnya. SMP dengan kapasitas 3 kelas ini pada awal pembangunannya masih menumpang di Madrasah. Seiring dengan perkembangan waktu akhirnya SMP ini memiliki gedung sendiri dan juga sekarang memiliki beberapa fasilitas diantara lain gedung perpus dan laboratorium. Untuk menjaga kualitas pendidikan di SMP tersebut haji Akhmad Jumadi beserta para anggota yayasan Al Hidayah merekrut tenaga-tenaga pengajar yang profesional dan sesuai faksnya. Untuk menutupi biaya operasional sehari-hari haji Akhmad Jumadi mengatakan setelah diadakan rapat desa anggaran yang digunakan untuk menutup biaya operasional di ambil setengah dari alokasi dana hutang dan juga bantuan-bantuan dari pemerintah pusat dan kabupaten.
Haji Akhmad Jumadi juga mengatakan bahwa tahun depan dengan kerja sama yang baik antara beliau dan para tokoh masyarakat serabi timur akan di bangun gedung SMU dengan dana swadaya masyarakat setempat dalam rangka menyukseskan program wajib belajar 12 tahun. Di akhir pertemuan haji Ahmad Jumadi menyatakan harapan-harapannya diantara lain : beliau ingin memajukan desa serabi timur hingga menjadi lebih baik daripada yang sekarang. Tetaplah berjuang pak Haji amanah segenap warga desa berada di pundak anda (Aris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar